03.09

Konsep Proyek

Hari ini lika mau nulis tentang apa itu proyek. materi di awal pertemuan kuliah Manajemen Proyek Teknologi Informasi(MPTI).

dalam pertemuan tersebut menjelaskan apa itu proyek????
bagi kamu-kamu yang udah pernah megang suatu proyek pastinya paham dan tau apa sih sebenernya proyek. tapi buat yang belom lika bakal jelasin apa sih proyek itu apa yang membedakan proyek dengan produksi. Proyek adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan produk baik barang atau jasa yang unik yang dilakukan secara temporari. inilah yang membedakan proyek dengan produksi. dimana produksi dilakuakn secara terus-menerus sedangkan proyek tidak.
Terdapat beberapa karakteristik lain yang membedakan Proyek dengan Produksi

  • bersifat Temporari. proyek tidak dilakukan secara terus-menerus karena memiliki waktu Awal dan waktu Akhir. Pada hakikatnya sifat inilah yang membedakan proyek dari prosuksi.
  • produk yang dihasilkan Unik. dalam proyek produk yang dihasilkan akan Unik. meskipun proyek lain menghasilkan produk yang sama namun hasil akhir dari produk tersebut akan memiliki ciri yang khusus di setiap produk yang akan terjadi karena adanya karakteristik dari proyek yang ketiga
  • berkembang secara bertahap (Improvement). faktor penyebab dari hasil proyek yang unik adalah dari perkembangan yang berkelanjutan atau bertahap. jadi produk yang dihasilkan akan berbeda dengan keluaran pertama.
  • Sumber daya. sumberdaya merupakan komponen yang penting dalam Proyek. sumber daya yang dibutuhkan dalam melakukan proyek terdiri dari beberapa hal, yaitu: Manusia, peralatan yang dibutuhkan, Bahan atau material
  • Ketidakpastian. Ciri berikut adalah ciri yang mendasar dari proyek. maksud dari tidak pasti disini adalah salah satunya dari segi requirement atau dana yang akan berubah setiap kali permintaan baik dari end customer atau perkembangan bisnis berubah.
Di dalam konsep proyek masih terdapat hal-hal lain yang perlu dipahami seperti Keahlian, Sasaran dari Proyek, dan Stakeholder yang terlibat didalamnya. Keahlian. Karena proyek merupakan aktivitas yang penuh dengan ketidakpastian maka dibutuhkan orang-orang dengan keahlian-keahlian khusus. berikut beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh orang-orang yang melakukan proyek.
  • Interpersonal
  • Manajemen proyek standar. seperti PMBOK atau Stepwise
  • manajemen Umum. proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien
  • Pemahaman Teknologi
  • Kemampuan mengimplimentasi kedalam teknologi terkini
  • Kemampuan membaca keadaan lingkungan
Sasaran. Target yang ingin dicapai dalam mengerjakan suatu proyek. Terdapat beberapa sasaran yang terdapat pada proyek adalah sebagai berikut:
  • Time. jika dihubungkan dengan marketing maka dengan waktu yang lebih cepat, barang/jasa dapat ditawarkan akan lebih cepat masuk ke pasar.
  • Cost. Jika dihubungkan denagn marketing maka pertimbangan harga yang ditawarkan pada customer akan menjadi lebih murah dibanding dengan produk yang lainnya.
  • Scope. Jika dihubungkn dengan marketing maka akan dapat menentukan dimana letak yang tepat untuk produk yang dihasilkan oleh proyek tersebut.
  • Quality. Jika dihubungkan dengan marketing maka barang/jasa yang ditawarkan akan lebih berkualitas dibandingkan dengan barang/jasa lainnya.
STAKEHOLDER. Orang-orang yang berpengaruh dalam pengerjaan suatu proyek. seperti sponsor, influence (orang yang berpengaruh), sub konstraktor user, Konstruktor yang terdiri dari: Tim pengembang, manajer proyek, technical support, engineers, dll.

Sedangkan jika ditinjau dari segi varian/macam/jenis, sebenarnya proyek terbagi menjadi 2, yaitu proyek IT dan proyek Non IT. Namun dalam jurusan sistem informasi yang lebih mengarah pada proyek IT maka disini lika bakal nyebutin hal-hal yang dapat dikatakan bahwa sebuah proyek tersebut adalah proyek IT.
  1. Dalam proyek IT tingkat penyelesaian suatu proyek akan lebih sulit diukur. dimana kita tidak bisa mengukur bagaimana prosentase dari proyek IT yang sesungguhnya. contoh: kita dapat mengukur bahwa sebuah jembatan penyebrangan yang sudah dibuat sudah mencapai 70% dari panjang yang seharusnya dibangun yaitu 750 m. namun dalam proyek IT kita tidak dapat menominalkan proyek IT. inilah yang menyebabkan proyek IT lebih sulit untuk diukur.
  2. Requirement-nya sering berubah. proyek IT merupakan proyek yang dibuat berdasarkan permintaan user. maka suatu ketika user berpendapat tidak sama dengan para tim pengembang atau yang lainnya maka requirement yang direncanakan sebelumnya akan berubah mengikuti keinginan user.
  3. SDM Spesial. orang2 yang terlibat dalam proyek IT merupakan orang2 dengan keahlian khusus yang masih sedikit orang terutama di negara kita ini memiliki kemampuan tersebut. seperti spesialis PHP dan lainnya.
  4. Terintegrasi dengan bisnis. maksudnya setiap proyek yang dibuat akan mengikuti bagaimana proses bisnis yang terjadi saat ini. agar dapat laku dipasaran.
  5. Esimasi biaya. dana/ biaya merupakan hal yang paling signifikan bagi setiap proyek yang berlangsung baik proyek IT ataupun yang Non IT. namun dalam proyek IT akan sulit ditentukan berapa banyak biaya yang dibutuhkan sebenarnya. banyak faktor yang menyebabkan estimasi biaya, salah satunya kebutuhan dari konsumen yangberubah ubah.
Hal berikutnya yang terdapat pada Proyek adalah Konteks. dalam proyek IT terdapat 3 Konteks utama yaitu:
  1. Sekumpulan proyek. yang terdiri dari 2 jenis, yaitu portpolio yang sekumpulan proyek tersebut tidak memiliki tujuan yang sama sehingga dapat dikerjakan secara bersamaan. yang kedua adalah Program, dimana tujuan dari setiap proyeknya adalah sama. sehingga pengerjaannya pun harus urut dan runtut.
  2. Proyek.
  3. Sub Proyek.
Nah itu semua hal yang lika dapat saat perkuliahan MPTI pada pertemuan awal, yang tepatnya pada pertemuan minggu ke1 dan ke 2. diakhir materi tersebut kami ditugaskan untuk membuat MindMap dari Konsep Proyek tersebut. setelah menggabungkan semua yang lika tulis diatas maka hasil dari MindMap yang lika buat dapat didownload link berikut http://www.ziddu.com/download/12128870/Release01-KonsepProyekfix.png.html

buat kalian yang sudah membaca tolong dikomen yaaaaa....... 
always smile coz world will smile with you......

0 komentar: